Saturday, March 14, 2015

Manfaat Mengkonsumsi Terong

Terung merupakan tanaman asli Srilanka yang dapat tumbuh subur di Indonesia. Nama ilmiah terung adalah solanum melongena yang dimasukkan dalam kelas buah beri.


Terung memiliki kandungan zat besi, kalsium dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Terung kerap kali dimasak dengan direbus, dipanggang dan dimakan dengan cocolan sambal atau dijadikan sayur berkuah santan yang dikenal dengan nama sayur lodeh.
Lalu, apa sajakah khasiat yang terkandung dalam terung ? berikut adalah beberapa diantara manfaatnya.

1. Menyehatkan jantung
Terong dapat menurunkan tingkat kolesterol serta menstabilkan tingkat tekanan darah sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Tubuh juga terhidrasi dengan baik karena terung mengandung kalium.

2. Melindungi otak
Zat fitonutrien yang terdapat dalam terung dapat menjaga membran sel sehingga terlindung dari kerusakan. Karena membrane sel dapat berfungsi dengan baik maka sel-sel dapat memfasilitasi transfer pesan dari satu bagian ke bagian lain. Terung dapat pula dikatakan sebagai sumber makanan bagi otak karena dapat menjaga dan melindungi fungsi memori

3. Menurunkan berat badan
Kadar air dalam terung cukup tinggi namun rendah kalori sehingga terung ideal sebagai makanan orang-orang yang ingin mengurangi berat badan. Teksturnya kenyal sering dijadikan orang sebagai lalapan atau di rebus/dikukus 

4. Membantu pencernaan
Karena kandungan serat yang tinggi dalam terung, sehingga terung dapat mencegah sembelit yang dapat mengakibatkan resiko terkena kanker usus besar.

5. Mengontrol gula darah
Terong merupakan jenis sayuran yang kaya serat dan karbohidrat larut yang rendah. Terong berguna mengatur kadar gula darah dan mengontrol penyerapan glukosa. Hal ini menjadikan terong sebagai salah satu pilihan makanan terbaik bagi penderita  diabetes tipe 2.


Sambal Tempe+Terung ala GendhoekTjondro
Contoh olahan terung agar dapat dinikmati adalah dengan merebus terung dan tempe serta mencampurnya dengan sambal. Cara membuatnya sangat mudah,praktis dan sangat lezat disantap dengan nasi hangat ditemani lauk lain seperti ikan goreng atau ikan asin bila suka.

Sambal Ragil tersedia dalam tiga varian rasa yang dapat anda pilih sesuai selera. Pedas Original ( Ori ), Cabe Hijau +Teri ( Jori ) dan rasa Ebi.

Untuk pemesanan produk, silahkan menghubungi tim kami via SMS/Telp/WA di nomer 088805311240 atau add pin BB 52564370.

2 comments: