Tuesday, February 17, 2015

Infused Water : alternatif unik menikmati segelas air segar

Menurut ilmu kesehatan, semua orang wajib minum air putih sebanyak 1,5 hingga 2 liter sehari. Walaupun mengkonsumsi teh, kopi, soft drink termasuk dalam aktifitas minum, namun tidak banyak yang mengkonsumsi air putih dengan berbagai alasan, terutama karena tidak manis dan terasa tawar. Kalaupun ada yang tetap minum air putih, mereka kebanyakan minum air putih yang dingin dicampur es batu atau air yang disimpan dalam lemari es. 

Padahal, dengan minum banyak air putih menunjukkan seberapa tinggi tingkat dehidrasi seseorang, yang dapat dilihat dalam tabel dibawah ini. 
Lihat tabel di bawah ini, dan periksalah warna air seni anda, barangkali anda memang sangat membutuhkan air minum dalam jumlah banyak.

Semakin keruh dan gelap warna urine seseorang menunjukkan bahwa ia sangat membutuhkan air minum yang banyak. Kekurangan cairan dapat mengakibatkan seseorang mengalami dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan orang mengalami kelelahan dan lemas.

Kini ada alternatif menyenangkan agar anda mulai rajin minum air putih. Salah satu alasan orang membenci minum air putih dalam jumlah banyak adalah karena rasanya yang tawar, tidak manis seperti soft drink, aneka jus buah instan dan es teh manis yang kerap menemani kita makan.

Infused water adalah minuman yang dibuat dengan merendam berbagai bahan alami termasuk buah-buahan dalam air selama beberapa waktu dan dapat langsung diminum. Rasa infused water memang tidak semanis soft drink, namun memiliki bau yang khusus, tergantung dari buah yang digunakan.

Apa yang harus kita siapkan ketika akan membuat infused water ? 
Mula-mula siapkan wadah gelas berukuran kira-kira satu liter, hal ini untuk memudahkan anda memiliki target minum air minimal 1 liter setiap hari.
Buah untuk membuat infused water dapat dibuat sesuai selera anda, namun bila masih bingung, anda dapat mencampur air minum anda dengan potongan semangka, potongan jeruk lemon, jeruk nipis, strawberry, nanas dan lain-lain. Anda dapat menambahkan bahan lain seperti daun mint, daun rosemary, kemangi atau jahe parut. Bila masih menginginkan agak manis, bisa ditambahkan dengan madu atau sedikit gula pasir. Simpan infused water anda dalam lemari es dan nikmati kesegaran air dan aroma buahnya.

Infused water yang terbuat dari kombinasi mentimun, jeruk nipis dan daun mint memiliki khasiat baik untuk mendinginkan dan baik untuk kesehatan saluran cerna dan urin.

Sebagaimana para ahli mengatakan bahwa minum 6 hingga 8 gelas air dapat membuat kulit sehat dan cerah serta menghasilkan kerja organ vital secara optimal.Terbukti air juga dapat membantu proses detoks tubuh, mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui air seni dan keringat.

Jadi mengapa anda tidak mencoba cara detoks yang menyenangkan ini ? Siapkan wadah dan pilihlah buah favorit anda untuk dikonsumsi sebagai infused water. Dijamin, anda tak lagi merasa "malas" minum air putih.

1 comment: