Saturday, February 21, 2015

Khasiat buah petai bagi kesehatan

Buah petai lazimnya dikonsumsi ketika masih muda ataupun tua. Petai dapat dimasak bersama sayur lodeh dengan kuah santan, dioseng-oseng dengan sayuran lain atau dinikmati dalam keadaan mentah dengan cocolan sambal bajak yang yahidd dan maknyuuss.

Tidak sedikit orang yang sangat menyukai buah sayur ini, namun banyak pula yang anti makan petai. Hal ini karena petai mengeluarkan bau kuat yang khas pada petai seusai anda menyantapnya.

Seperti yang disebutkan dalam Wikipedia, Petai (Parkia speciosa) adalah salah satu jenis pohon tropik dari suku polong-polongan (Fabaceae). Pohon ini banyak ditemukan di daerah Indonesia bagian barat. Pohon petai umumnya dapat mencapai ketinggian 20 meter, dan memiliki sedikit cabang. Petai termasuk tanaman yang berbuah musiman, pohonnya akan mulai berbuah ketika memasuki bulan desember- januari.

Petai diketahui mengandung tiga jenis gula, yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa, selain itu juga mengandung serat makanan.
Karena mengandung gula, petai dianggap sebagai makanan yang tepat untuk menambah tenaga. Banyak olahragawan yang memanfaatkan makanan ini untuk menambah energi. Selain itu petai juga dikenal memiliki manfaat bagi kesehatan.

Mau tahu apa saja manfaatnya ? Yuk simak penjelasan dibawah ini :

1. Meningkatkan mood
Petai mengandungi tryptophan, yaitu sejenis protein yang mencetuskan hormon serotonin, yang telah dikenal dapat membuat orang menjadi rileks, meningkatkan mood, dan  membuat perasaan gembira. Galau bin sedih ? makan aja buah petai :-)

2.Sindrom pramenstruasi(PMS)
Kabar gembira bagi perempuan yang kerap menderita sindrom pra menstruation. Karena buah petai mengandung vitamin B6 yang mampu menetralkan glukosa dalam darah yang juga dapat memperbaiki mood anda ( bawaan marah melulu ya kalau lagi menstruasi ? hehehe....)

3.Anemia
Petai mengandung Zat besi yang tinggi, sehingga akan merangsang pembentukan hemoglobin di dalam darah. Makan petai sangat bermanfaat untuk anda yang sering mengalami gejala kurang darah atau anemia.

4. Menurunkan tekanan darah
Petai memiliki kandungan kalium yang tinggi namun rendah garam. Sangat bermanfaat bagi penderita tekanan darah tinggi. Bahkan US Food and Drug administration mengakui khasiat petai untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan resiko terkena stroke.

5. Anti sembelit
Karena petai memiliki serat tinggi, maka petai cocok sebagai anti sembelit. Serat sangat dibutuhkan untuk memproses makanan dalam tubuh dan segera mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan tubuh dalam bentuk faeces.

6. Obat bagi penderita Maag
Petai adalah buah yang cukup lembut untuk dikonsumsi oleh penderita maag bahkan yang kronis karena buah ini mampu menetralkan kelebihan asam serta mengurangi iritasi karena memberikan lapisan pada dinding lambung.

7.Obat cacingan
Diduga karena kandungan belerang dan tanin dalam petai sehingga buah ini bermanfaat sebagai obat cacing pengganti obat cacing yang dijual di toko obat dan apotik. Cacing kremi dalam perut akan mati dan dikeluarkan dari tubuh setelah anda mengkonsumsi buah petai.

Seperti telah dijelaskan diatas, buah petai dapat dinikmati dengan beragam cara. Ada yang dicampur sayur atau dimakan mentah begitu saja.
Bagi anda penggemar lalapan dan makan petai mentah, tentu membutuhkan sambal mantap dan maknyuus sehingga dapat menambah selera makan anda. Pilihan berikut ini dapat anda masukan dalam daftar belanja kuliner favorit.
Sambal Ragil ala Gendhoektjondro

Sambal ragil dengan 3 varian yang unik, sambal original ( Ori ) yang pedasnya mantap, khusus untuk anda penggemar rasa pedas yang tak biasa.
Untuk anda yang tidak terlalu menyukai pedas menyengat, dapat mencoba sambal hijau dengan campuran teri di dalamnya ( Jori ). Untuk rasa sea food yang gurih, cobalah sambal ragil dengan campuran ebi yang telah dihaluskan.


Untuk pemesanan dapat menghubungi sms/WA 088805311240 atau add pin BB 52564370




No comments:

Post a Comment