Friday, February 13, 2015

Manfaat Mengkonsumsi Ikan Teri


Ikan Teri
Ikan teri yang lazim dikeringkan atau diasinkan memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan lengkap sehingga sangat baik untuk di konsumsi setiap hari. Bahkan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. Harganya pun relatif murah dan terjangkau.


Ikan teri atau ikan bilis adalah sekelompok ikan laut kecil, termasuk dalam anggota keluarga Engraulidae. Nama ini mencakup berbagai ikan dengan warna tubuh perak kehijauan atau kebiruan. Walaupun anggota Engraulidaei ada yang memiliki panjang maksimum 23 cm, nama ikan teri lazim diberikan kepada ikan yang memiliki panjang maksimum 5 cm. Moncongnya tumpul dengan gigi yang kecil dan tajam pada kedua rahangnya. Makanan utama ikan teri ialah plankton. ( Sumber : Wikipedia ).

Di dalam ikan teri terdapat kandungan kalsium yang cukup tinggi, yaitu 500 mg dalam ikan teri segar, sedangkan dalam ikan teri yang dikeringkan adalah 1200 mg.

Mengkonsumsi ikan teri memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah :

Mencegah Osteoporosis
Menurut Dr Hendradi Khumarga SpBO, FICS,FAJR, untuk mencegah osteoporosis setiap orang memerlukan kalsium sebanyak 1 gram per hari. Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa ikan teri memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan ikan teri lebih banyak dikonsumsi oleh kalangan menengah ke bawah, sehingga tidak terlalu menjadi perhatian banyak orang akan khasiatnya. Ikan teri ternyata merupakan salah satu sumber kalsium terbaik untuk mencegah pengeroposan tulang. Ia juga mengatakan, ikan teri merupakan sumber kalsium yang tahan dan tidak mudah larut dalam air.

Memperkuat Gigi
Menurut Harun A Gunawan, untuk menjaga agar lapisan gigi sehat, masyarakat hanya perlu makan 5 gram teri dalam 100 gram makanan yg di konsumsinya sehari-hari, cukup dua kali semiggu saja karena di dalam teri jengki terdapat fluor yang cukup tinggi.

Sambal Ragil
Salah satu cara menikmati ikan teri dengan cara yang mengundang selera adalah dengan mencampurnya dengan sambal. Salah satunya adalah sambal hijau. Sambal Ragil mengeluarkan varian yang disebut dengan Jori, sambal hijau teri.
Dengan harga terjangkau hanya Rp 20.000 ( 200 gram ).
Nikmati sambal nikmat dan teri yang penuh gizi ini.Cocok untuk bekal makan siang di tempat kerja atau dibawa bepergian dengan kemasan yang menarik dan praktis.

No comments:

Post a Comment